Jumat, 28 Juni 2013

Tarian Daerah Semarakkan Pentas Seni

117976_1.jpg



Padang (28/6), Menghilangkan penat serta lelah yang dirasakan usai mengikuti kegiatan bakti dan wisata seharian, peserta Perkemahan Bakti Saka Pramuka Tarunabumi Tingkat Nasional ke-5 Tahun 2013 disingkat Pertikabumi Nasional V 2013 yang berlangsung di Bumi Perkemahan SMK-PP Negeri Padang, Lubuk Minturun, Kota Padang, Sumatera Barat, malam harinya mendapat hiburan segar. Pentas seni yang menampilkan kebolehan peserta dari berbagai daerah itu juga mendapat perhatian masyarakat yang berjubel di Buper.


Lubuk Minturun untuk sementara menjadi Indonesia Mini, betapa tidak 31 provinsi berkumpul di Bumi Perkemahan Indonesia Barat ini. Saat pentas seni, sejumlah Kontingen Daerah (Konda) menampilkan tarian daerahnya masing-masing. Konda Sumatera Selatan yang tampil dimalam ke-4 Pertikabumi Nasional V 2013 dengan tari persahabatan “Melok Sambetan” dari Kabupaten Banyuasin, Sumsel mendapat aplous dari penonton. Tari persahabatn menceritakan, bujang bangkian yang menghungkapkan kebahagianya. Kemudian tampilan kedua dengan Tari Yassaman menceritakan muda mudi yang sedang mencari jati diri, kemudian terjadi saling suka dan saling mencintai lawan jenis.

Tari Sibet Pengunten salah satu tarian kreasi baru di Provinsi Lampung yang merupakan tarian pembuka untuk menyambut tamu agung, kemudian dilanjutkan dengan tarian Bedana mengisahkan kegembiraan para muda mudi yang senang dalam rangka menyambut masa panen. Kontingen Daerah Bengkulu tampil dengan gerak dan lagu “Yo Botoy-Botoy yang memberi warna di malam Pentas Seni Pertikabumi Nasional V 2013.

Malam ke-3 Pentas seni ini selain tersebut di atas, secara berturut adalah Konda Bangka Belitung, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Papua Barat, Banten dan Nusa Tenggara Barat. Acara Pentas Seni Pertikabumi Nasional V 2013 sudah dimulai sejak tanggal 25 Juni 2013 dan akan berakhir pada hari Jum’at, 28 Juni 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar